mitubaby

Newcomers
  • Content Count

    0
  • Joined

Community Reputation

0 Neutral

About mitubaby

  • Rank
    Freshman
  • Birthday February 6

About Me

Perlengkapan bayi baru lahir – Waktu lahir si Kecil sudah dekat? Selain persiapan pribadi, perlengkapan si Kecil pun mesti diperhatikan dengan seksama. Tidak perlu membawa barang terlalu banyak, cukup 10 perlengkapan berikut saja yang dipersiapkan.

Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Dibutuhkan

1.    Baju Bayi

Perlengkapan bayi baru lahir yang pertama adalah baju bayi. Moms bisa menyiapkan baju bayi lengan panjang dan juga lengan pendek yang mana bisa disesuaikan sesuai kondisi. Saat memilih baju bayi perhatikan model dan juga bahannya. Bayi tidak bisa mentolerir baju dengan bahan yang kasar dan panas. Pilih baju yang terbuat dari bahan katun yang mana bisa menyerap keringat. Di cuaca yang panas dan terik ini baju bayi terbaik adalah yang terbuat dari bahan katun. 

Beberapa tips lainnya dalam memilih baju bayi baru lahir adalah memilih baju bayi dengan kancing depan, baju ini akan memudahkan Moms untuk memakaikan atau melepaskan pakaian pada bayi ketika mandi atau buang air. Disarankan juga untuk bayi yang baru lahir menggunakan jenis baju jumper atau bodysuit. Satu hal lainnya yang harus Moms perhatikan adalah memilih baju bayi dengan pola jahitan yang halus tidak tembus kedalam untuk menghindari iritasi pada kulit bayi. Disarankan untuk Moms membeli baju bayi dengan ukuran yang lebih besar agar tidak cepat sempit dan minimal harus ada satu lusin sehingga bisa digunakan kapan saja ketika dibutuhkan.

2.    Popok Kain

Popok kain ini jumlahnya harus lebih banyak dibandingkan dengan baju bayi. Alasan mengapa popok kain ini dibutuhkan oleh bayi karena bayi baru lahir ini akan sering buang air kecil dan juga pup sehingga tingkat penggantian popok cukup tinggi. Jika di cuaca cerah Moms bisa bernapas lega karena popok bisa mudah kering namun yang menjadi masalah jika cuaca hujan dimana popok masih dalam kondisi basah dan lembab. Untuk memilih popok ini Moms bisa memilih yang kainnya mudah menyerap keringat, hindari memilih popok yang bahan kainnya panas karena akan membuat bayi merasa tidak nyaman.

Kelebihan dari popok kain untuk bayi baru lahir adalah tersedia dalam berbagai desain yang menggunakan perekat atau kancing dan pilihan warna yang menarik. Jenis popok dari kain ini bisa dicuci dan dipakai kembali sehingga membuatnya lebih murah dan hemat. Popok kain juga dianggap lebih aman bagi kulit bayi dan lingkungan karena bebas dari bahan kimia. Sedangkan kekurangannya adalah mudah bocor dan memerlukan waktu untuk pencucian dan pengeringan sebelum popok bayi digunakan kembali.

Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan saat Moms memutuskan untuk memakaikan popok kain pada si Kecil:

  • Pilihlah popok kain dengan desain perekat atau kancing. Jika terpaksa menggunakan peniti, Moms harus berhati - hati saat memasangnya dan pilihlah peniti yang ukurannya besar.
  • Popok bayi yang kotor karena feses harus dibersihkan dan dibilas terlebih dahulu sebelum dimasukkan kedalam keranjang pakaian kotor. Moms bisa menggunakan larutan soda kue dengan menyemprotkannya ke popok untuk mengurangi bau tak sedap.
  • Gunakan deterjen khusus bayi dan bilas minimal dua kali dengan air panas saat mencuci popok kain yang kotor. Penggunaan detergen ini dimaksudkan untuk menghindari bayi dari reaksi alergi dan ruam pada kulit bayi yang sensitif.

3.    Sarung Tangan dan Kaki

Perlengkapan bayi baru lahir yang harus Moms siapkan adalah sarung tangan dan kaki. Bayi membutuhkan sarung tangan ini untuk membuat kondisi tangan dan kaki bayi tetap hangat. Jika tidak menggunakan sarung tangan dan kaki tersebut bayi akan mudah terkena masuk angin atau kembung. Biasanya sarung tangan dan kaki ini sepasang sehingga saat membeli sarung tangan Moms akan mendapatkan sarung kaki. Pilih sarung tangan dan juga sarung kaki yang hangat seperti dari bahan rajut, waffle, maupun dari bahan wol.

Baca lebih lengkap 10 Perlengkapan Bayi Baru Lahir yang Penting Disiapkan